Tutorial Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

clarysports – Lembaga pendidikan harus memiliki layanan online yang berkualitas, sehingga cara membuat website sekolah yang mudah, cukup menjadi incaran. Adanya website resmi akan memudahkan siswa atau wali murid untuk mencari berbagai informasi yang ada. Baik berupa beasiswa, informasi pendaftaran, kalender akademik, dan sejenisnya.

Meski terdapat layanan jasa pembuatan website sekolah, alangkah lebih baik bila pihak lembaga pendidikan bisa membuatnya secara mandiri. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan segala informasi dengan lebih akurat. Bagaimana cara memulainya?

Tutorial Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Menentukan Jenis Website

Cara membuat website sekolah yang pertama adalah menentukan jenis website yang akan dibuat. Bagaimana pengelompokan jenis website tersebut? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

  1. Situs website sekolah atau perguruan tinggi: Umumnya berisi tentang informasi tentang sekolah, guru, beasiswa, kursus, dan paket kelas-kelas unggulan yang ditawarkan.
  2. Portal Sekolah atau Kelas Online : biasanya berupa link sebuah sekolah yang menawarkan materi pelajaran, kelas langsung (live classes), atau tutorial untuk para siswa.
  3. Situs Website Alumni atau Keanggotaan : umumnya situs jenis ini akan disediakan untuk para siswa yang mengambil kelas secara online, sehingga mereka bisa melihat informasi nilai, menyerahkan tugas, atau memantau kelas online dan offline yang diikuti.

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan ketika sudah menentukan jenis website yang akan dibuat adalah memudahkan untuk menentukan nama domain. Meski terdapat layanan web sekolah gratis mendikbud, tetapi tak semua pihak bisa memahami skema atau alur yang tepat untuk mendapatkannya.

Baca Juga:  Google Adsense Adalah Sebuah Cara Menghasil Uang : Bagaimana Cara Kerjanya?

Instal Platform WordPress

Setelah menentukan jenis web yang akan digunakan, cara membuat website sekolah selanjutnya adalah menginstal platform WordPress. Anda juga bisa memaksimalkan domain yang telah dipilih dan membeli layanan hosting WordPress secara otomatis. Di bawah ini akan dijelaskan cara mudah membuat website resmi untuk sekolah dengan instal WordPress terlebih dahulu.

Masuk panel WordPress

  • Ketik http://namawebsitekamu.com/wp-admin di dalam browser website Anda. Kemudian akse panel admin WordPress dengan melakukan login kredensial dengan menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.

Memilih Tema WordPress

Adapun beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam memilih tema adalah sebagai berikut. Langkah ini menjadi salah satu cara membuat website sekolah yang cukup efektif untuk mempercantik tampilan website dengan lebih baik.

  • Desain

Desain akan berkaitan dengan tata letak dan tema yang akan berpengaruh pada nuansa website Anda. Pilihlah tema template yang bersih dan terlihat profesional. Gunakan tema yang terlihat relevan dengan jenis website yang akan dibuat.

  • Responsif

Tema yang baik harus memiliki daya tanggap yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan kemudahan template yang ada dengan penggunaan perangkat elektronik, baik komputer, seluler, tablet, atau smartphone.

  • SEO Friendly

Cara membuat website sekolah yang baik dan mudah dipasarkan harus bisa dioptimalkan dengan SEO friendly. Website yang ramah SEO akan memungkinkan untuk menjadi halaman teratas dalam web mesin pencari di Google atau Youtube

Instal Plugin untuk Membuat Website Sekolah

Plugin akan memberikan banyak kemudahan layanan pada website yang Anda gunakan. Bagaimana cara menambahkan plugin pada website resmi sekolah dengan menggunakan WordPress?

  1. Masuk ke panel admin WordPress, kemudian klik Plugin dan Tambah Baru.
  2. Masuk ke kolom pencarian, kemudian pilih nama plugin unggulan yang telah diinstal sebelumnya.
  3. Kemudian klik instal plugin, tunggu hingga hasil penginstalan selesai.
  4. Langkah pamungkas dalam cara membuat website sekolah menggunakan WordPress yakni mengaktifkan plugin tersebut, maka website siap digunakan.
Baca Juga:  6 Cara Membuat Website Toko Online dengan Wordpress, Ikuti Yuk

Rekomendasi Plugin untuk Website Sekolah

Gunakan beberapa rekomendasi plugin di bawah ini untuk mempercantik tampilan web sekolah Anda.

  • Plugin LearnDash

Secara umum, LearnDash akan mendukung layanan kegiatan mahasiswa  atau siswa yang berkaitan dengan kursus, topik, kuis, atau kategori. Plugin satu ini memiliki laman tersendiri untuk kuis dan memiliki tools untuk menejemen tes dengan pertanyaan pilihan ganda. Anda dapat mengatur prasyarat untuk siswa agar menyelesaikan pelajaran untuk bisa mengakses pelajaran berikutnya.

  • Plugin TeachPress

TeachPress merupakan plugin yang memiliki lahan untuk manajemen kursus dan sistem manajemen publikasi yang kompatibel disandingkan dengan BibTeX. Plugin ini umumnya dioptimalkan untuk kebutuhan para profesor dan peneliti. Plugin TeachPress bisa ditambahkan dalam dua tab berbeda, kemudian disambungkan ke dasbor Anda untuk akun yang digunakan untuk kursus dan akun yang berfungsi sebagai publikasi.

Memaksimalkan Plugin satu ini bisa menjadi salah satu cara membuat website sekolah yang mumpuni. Anda dapat membuat kursus untuk siswa pada tab kursus. Anda bisa mendeskripsikan beragam publikasi seperti seminar, presentasi online, dan sejenisnya dengan mamakai tab publikasi.

  • Plugin CousePress

Plugin satu ini memungkinkan para penggunanya mendapatkan kemudahan dalam membuat dan membagikan materi kursus dengan kuis, audio maupun video. Pengunduhan pun akan semakin nyaman karena plugin ini sangat kompatibel digunakan. Anda bahkan bisa membuat laman diskusi siswa dan menjadi fasilitator dan dapat saling bertukar ide. Dengan demikian, tujuan utama pembelajaran bisa diraih dengan mudah dengan plugin yang sesuai.

Membuat Konten untuk Web Sekolah

Apa saja yang harus ada dalam web sekolah? Konten yang bisa Anda cantumkan dalam website sekolah adalah sebagai berikut.

  • Informasi lengkap tentang sekolah

Salah satu cara membuat website sekolah yang menarik adalah memberikan informasi umum tentang sekolah, pendirian, prestasi, visi dan misi, atau motto yang dijunjung. Selain hal tersebut, cantumkan data alamat sekolah dan kontak telepon juga bisa menjadi alternatif informasi tambahan.

  • Informasi kelas dan kursus

Bagian pada informasi ini akan memudahkan siswa untuk mencari detail materi yang akan diajarkan di sekolah atau universitas terkait. Hal ini juga akan memberikan peluang kepada mereka untuk menentukan berbagai kelas dan pendalaman materi yang akan diambil. Semakin mudah informasi yang didapat, maka akan semakin baik pula performa website yang akan didapatkan.

  • Tampilan Galeri Siswa

Salah satu cara membuat website sekolah agar semakin menarik yakni menampilkan beragam kegiatan yang ada. Baik berupa prestasi, kegiatan positif di sekolah, ekstrakulikuler, atau sejenisnya. Hal ini akan memancing siswa atau mahasiswa lain untuk penasaran pada kegiatan umum yang dilakukan para siswa yang bergabung di dalamnya.

  • Berita dan Acara

Konten berita dan acara bisa diisi dengan foto kegiatan, bakti sosial, rapat kerja, atau sejenisnya yang menunjang simpati dari masyarakat. Di dalamnya juga bisa mencakup kisah sukses siswa atau blog yang memberikan ruang kepada siswanya untuk berpartisipasi menampilkan beragam kreativitas.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Ikuti Yuk!

Beberapa tips dan cara membuat website sekolah di atas bisa Anda implementasikan langsung dengan memperhatikan tutorial yang Anda. WordPress termasuk salah satu platform yang mudah digunakan. Pastikan bahwa seluruh informasi inti dalam web sekolah bisa diakses dengan mudah oleh seluruh pengunjung web. Website yang user friendly juga akan menaikkan angka rating website sehingga lebih cepat sampai di laman pertama mesin pencari Google.

About admin

Check Also

cara membuat website blog

11 Cara Membuat Website Blog yang Mencuri Perhatian Pembaca

clarysports – Menjadi blogger, ada beberapa cara membuat website blog yang akan lebih mudah menarik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *