Mengitung Pendapatan dengan Kalkulator YouTube AdSense Maupun Secara Manual

clarysports – YouTube adalah salah satu platform yang kini sangat ramai diperbincangkan. Bukan hal yang mengherankan karena dengan YouTube, seseorang dapat memperoleh uang AdSense dalam jumlah besar. Lalu bagaimana cara untuk menghitung pendapatan? Tentu dapat dilakukan dengan kalkulator YouTube AdSense.

Beberapa aktor/aktris besar Indonesia yang sudah terjun YouTube diketahui menghasilkan uang yang sangat banyak, bahkan hingga milyaran rupiah. Angka tersebut terdengar sangat menggiurkan. Nah, jika Anda tertarik atau bahkan sudah berprofesi sebagai YouTuber, hitung jumlah pendapatan melalui cara-cara berikut.

kalkulator YouTube AdSense

Mengenal Kalkulator YouTube AdSense Online

Bagi pemula tentu sangat penting mengenal YouTube dengan baik secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan Anda jika nantinya sudah menekuni pekerjaan disana. Untuk menghitung jumlah pendapatan seorang YouTuber dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah kalkulator.

Pada dasarnya menghitung pendapatan dapat dilakukan dengan dua acara, yaitu secara manual dan menggunakan kalkulator YouTube AdSense. Untuk pembahasan pertama yaitu kalkulator, dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Nah, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa cara berikut ini.

Membuka kalkulator

Membuka kalkulator dapat dilakukan dengan mengunjungi situs secara online. Tentu saja cara ini tergolong sangat mudah di era yang serba digital seperti saat ini. Tanpa perlu berlama-lama Anda pasti langsung mendapatkannya. Pada tampilan akan muncul perintah untuk memasukkan URL dari video YouTube Anda.

Keterangan yang muncul berisi informasi penghitung kalkulator YouTube AdSense, pengecekan harga, dan estimasi pendapatan. Perhitungan dilakukan berdasarkan jumlah tayangan atau tampilan dan impresi RPM. RPM dikenal sebagai jumlah uang yang didapatkan per seribu jumlah tontonan video.

RPM pada memperoleh pendapatan melalui beberapa cara diantaranya, Super Stickers, Langganan Channel, YouTube Premium, Super Chat, dan juga Iklan. Nilai RPM standar untuk ukuran global berkisar antara $1.36 – $3.40. Adapun khusus untuk negara Indonesia RPM senilai dengan Rp 1.000 – Rp 5.000.

Baca Juga:  Cara Membuat Website untuk Pacar dengan WordPress, Mudah dan Cepat!

Salah satu hal yang penting untuk diketahui bahwa RPM tersebut setelah dilakukan pemotongan dari pihak YouTube sebesar 45%. Jadi uang tersebut adalah jumlah uang bersih yang akan Anda dapatkan. Selain itu, pastikan Anda juga memahami terkait pilihan-pilihan perintah yang ada pada kalkulator tersebut.

Perintah pada kalkulator

Saat mengakses kalkulator YouTube AdSense, Anda akan menemukan beberapa perintah yang berfungsi sebagai pengaturan. Nah perintah pertama yaitu channel. Perintah ini jika dinyalakan, maka parameter perhitungan dana dilakukan berdasarkan channel yang nantinya Anda masukkan.

Perintah kedua yaitu deskripsi. Pada halaman utama kalkulator akan muncul deskripsi yang berisi beberapa informasi penting seperti yang telah disebutkan di atas. Jika ingin mengabaikan deskripsi informasi tersebut, Anda dapat memilih untuk mencentang tombol yang telah muncul atau tertera di halaman.

Salah satu perintah yang paling menonjol dan mudah dipahami adalah perintah link pemasukan URL. Adanya sebuah kotak sebagai tempat pemasukan URL menjadi ciri khas utamanya. Perintah ini juga dianggap sebagai perintah utama dalam perhitungan jumlah pendapatan dari AdSense YouTube.

Revenue Part Thousand (RPM) pada kalkulator YouTube AdSense pada umumnya sudah dijelaskan di atas. Untuk itu, Anda perlu untuk menyalakan RPM ini agar jumlah pendapatan Anda dapat dikonversi dengan baik. Adapun perintah untuk menyalakan note berfungsi agar keterangan dari RPM dapat ditampilkan.

Perintah selanjutnya adalah sorot hasil. Perintah ini juga perlu untuk dicentang agar jumlah hasil pendapatan Anda nantinya akan muncul secara highlight (tersorot). Dengan demikian, hasil yang akan diperoleh nantinya dapat dilihat dengan lebih jelas, terperinci, dan lebih fokus.

Perintah terakhir yang akan ditemui pada halaman kalkulator YouTube AdSense adalah detail. Perintah detail ini secara otomatis akan tidak aktif jika perintah sorot hasil dan link dinyalakan. Hal ini dikarenakan fungsi dari perintah detail hampir sama dengan kedua perintah tersebut sehingga tidak terjadi informasi ganda.

Baca Juga:  Cara Daftar Google Adsense Youtube Lewat HP, Cukup 5 Langkah!

Menggunakan kalkulator

Setelah mengenal dan juga memahami fungsi-fungsi dari perintah yang ada  pada kalkulator, Anda dapat segera menggunakannya. Silakan memasukkan URL dari video YouTube yang ingin diketahui jumlah pendapatannya. Setelah itu, tanpa perlu menunggu terlalu lama detail informasi yang dibutuhkan akan muncul.

Pada umumnya terdapat 6 informasi yang akan muncul setelan URL dimasukkan. Yang pertama adalah informasi terkait jumlah subscriber dari channel yang Anda miliki. Setelah itu akan muncul juga jumlah video total yang telah Anda upload ke channel tersebut. Angka yang muncul adalah nilai yang benar dan akurat.

Tepat di bawah jumlah video, akan tampil informasi terkait total jumlah penonton yang telah menonton pada channel Anda. Kemudian dilanjutkan dengan judul dan waktu pembuatan channel. Pada bagian paling bawah akan muncul jumlah uang yang akan Anda dapatkan. Nah cukup mudah dan praktis kan.

Kalkulator YouTube AdSense yang dapat dibuka secara online benar-benar memudahkan para content creator. Anda tidak perlu lagi menebak-nebak jumlah uang yang dihasilkan dan AdSense, karena akan dimuat secara rinci. Setelah itu, Anda dapat melakukan pencairan sesuai dengan pendapatan yang diperoleh.

Menghitung YouTube AdSense Secara Manual

Setelah melakukan perhitungan secara online dengan kalkulator, Anda juga dapat melakukannya secara manual. Untuk perhitungan secara manual membutuhkan sebuah alat ukur yang biasa disebut dengan metrik. Metrik tersebut terdiri dari beberapa cara seperti berikut ini.

Mengetahui jumlah tayangan dan RPM

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui berapa jumlah tayangan dan RPM dari channel Anda. Hal ini dapat diperoleh dengan melihat pada bagian analitik di menu dashboard. Misalnya jumlah RPM Anda sekitar 12.000. Adapun untuk jumlah tayangan sekitar 100.000 kali.

Baca Juga:  Mengenal Pin Google Adsense dan Detailnya, Simak Yuk

Kali dan Bagikan dengan 1000

Berbeda dengan penggunaan kalkulator YouTube AdSense yang sangat praktis, cara manual membutuhkan beberapa langkah. Untuk mengetahui penghasilan kotor dapat dilakukan dengan mengalikan RPM dengan total tayangan lalu membaginya dengan seribu. Gunakan kalkulator ponsel untuk memudahkan perhitungan.

Misalkan pada contoh sebelumnya diketahui RPM 12.000 dan jumlah tayangan 100.000. Maka 12.000 dikali 100.000 menghasilkan 1.200.000.000. Lalu dibagikan dengan 1000 menjadi 1.200.000. angka tersebut bukanlah uang yang nantinya akan Anda terima jika melakukan pencairan AdSense karena masih pendapatan kotor.

Kurangi dengan Potongan Penghasilan YouTube

Pada dasarnya, pihak YouTube akan melakukan pemotongan penghasilan pada setiap pendapatan AdSense sebesar 45%. Istilah dari pemotongan tersebut dikenal dengan YouTube Cut. Nah hal ini menunjukkan bahwa pendapatan bersih Anda hanya 100% – 45% = 55% dari jumlah pendapatan kotor.

Nah pada perhitungan contoh diperoleh pendapatan kotor sebesar 1.200.000. 55% dari 1.200.000 adalah 660.000. Dengan demikian pendapatan bersih yang dapat Anda terima adalah sebesar 660.000 per harinya. Tentu dengan melakukan perhitungan manual tidak semudah menggunakan kalkulator YouTube AdSense.

Perlu dipahami bahwa tingkat pendapatan AdSense setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari banyak faktor. Misalnya jumlah tayangan, jenis iklan yang digunakan, jumlah video. Hingga kualitas dari setiap konten yang dibuat. Untuk itu diperlukan usaha yang maksimal untuk mencapai hal yang maksimal pula.

Nah itulah 2 cara untuk melakukan perhitungan pendapatan seseorang dari AdSense YouTube. Perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan kalkulator YouTube AdSense. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat dan praktis, tentu sebaiknya menggunakan kalkulator.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *