12 Cara Mendaftar Instagram Adsense dan Tips Memakainya

clarysports – Instagram merupakan salah satu aplikasi yang bisa berbagi foto dan video. Selain itu, aplikasi tersebut bisa juga untuk iklan. Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan oleh pebisnis online adalah Instagram Adsense atau Instagram Ads.

Sejak bergabung dengan Facebook, aplikasi Instagram mulai mengalami perubahan. Banyak merk dan brand yang melakukan branding memakai Instagram sehingga Instagram Ads mulai muncul, bahkan sudah banyak yang menggunakannya. Lalu, bagaimana cara membuat Instagram Ads? Berikut penjelasannya.

 Instagram Adsense

Langkah Mudah Membuat Instagram Adsense

Paling utama ketika memulai Instagram Adsense adalah memiliki akun Facebook. Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk membuat iklan di Instagram. Salah satunya adalah lewat Facebook Ads Manager. Adapun caranya akan terangkum dalam ringkasan di bawah ini.

  1. Buka akun Facebook Ads Manager

Karena pembuatan iklan Instagram melalui Facebook, maka login terlebih dahulu aplikasi tersebut. Kemudian buka laman Facebook Ads Manager. Alasan pembuatan iklan melalui aplikasi tersebut merupakan cara yang paling mudah dan sederhana dibandingkan lainnya.

  1. Memilih cara pembuatan iklan

Dalam akun Facebook, buka menu Kampanye. Kemudian klik Buat Iklan. Muncul 2 pilihan pembuatan iklan dari Facebook, yaitu Pembuatan Iklan Cepat dan Pembuatan Iklan Terpandu. Diantara dua pilihan tersebut, sebaiknya memilih Pembuatan Iklan Terpandu. Alasannya pembuatannya mudah dan lebih spesifik.

  1. Menentukan campaign atau tujuan iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan yang akan dicapai dalam pembuatan iklan di Instagram Adsense. Facebook Ads Manager akan menyediakan tiga macam tujuan yang berbeda. Ada kesadaran, pertimbangan, dan konversi.

Baca Juga:  Yuk Cobain Daftar Adsense YouTuber, Biar Bisa Dapat Uang

Tujuan iklan kesadaran meliputi brand awareness dan local awareness. Sedangkan tujuan pertimbangan meliputi lalu lintas atau trafik, interaksi, pemasangan aplikasi, penayangan video, membuat prospek, sampai membuat pesan. Adapun yang termasuk konversi adalah katalog produk dan kunjungan toko.

Klik salah satu dari tujuan iklan yang sudah disebutkan di atas. Mulai dari brand awareness sampai kunjungan toko. Kemudian klik tujuan iklan yang akan ditampilkan di Instagram Adsense.

  1. Memilih jenis iklan

Ada dua jenis iklan yang akan disediakan oleh Facebook. Yaitu Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Keduanya tidak bisa dipilih bersamaan, harus pilih salah satu. Iklan Uji Split harus membuat dua macam iklan yang hampir mirip secara bersamaan. Dua iklan tersebut akan diperlihatkan pada audience yang sudah terbagi menjadi dua.

Cara tersebut untuk mengetahui iklan mana yang lebih banyak tertarik dan lebih tinggi trafiknya. Kelemahan memakai iklan jenis ini adalah lebih banyak mengeluarkan dana. Sehingga sangat merugikan jika yang memilihnya adalah pemula. Selain itu, tentukan anggaran yang akan dipakai untuk pembuatan iklan.

  1. Menentukan nama iklan dan tujuan iklan

Supaya bisa mengetahui performa iklan di Instagram Adsense, maka memerlukan nama iklan. Kemudian pilih tujuan iklan akan mengarahkan ke tempat mana saja.

  1. Menentukan target audience

Lewat Instagram Adsense juga bisa menentukan target audience. Ada beberapa spesifikasi untuk audience. Yaitu berdasarkan orang khusus, area wilayah, usia, jenis kelamin, bahasa, koneksi, dan target yang terperinci.

  1. Menentukan penempatan iklan

Ada beberapa pilihan penempatan iklan, ketika memilih penempatan otomatis maka iklan tersebut akan muncul di berbagai aplikasi bekerja sama dengan facebook. Tanpa terkecuali Instagram juga. Tapi, jika hanya ingin muncul di Instagram saja, maka pilih dan centang Instagram.

  1. Memilih jadwal penayangan iklan

Cara selanjutnya adalah menentukan jadwal iklan yang akan ditayangkan. Tentu saja sesuaikan dengan jumlah budget yang sudah dianggarkan dan masuk Adsense.

  1. Menghubungkan dengan Instagram

Tujuan utama cara ini adalah memakai Instagram Adsense, maka tentu saja harus menghubungkan dengan akun Instagram. Meskipun pembuatannya lewat Facebook Ads Manager. Sebaiknya memakai akun Instagram khusus hanya untuk bisnis saja.

  1. Memilih format iklan

Ada lima macam format iklan yang bisa dipilih. Ada Karosel yang bisa menampilkan dua iklan sekaligus baik itu berbentuk gambar atau video. Gambar tunggal untuk bisa menampilkan satu iklan bergambar. Pilihan video iklan hanya untuk video saja. Tayangan slide jika menayangkan iklan gambar atau video sampai 10. Koleksi adalah gabungan keduanya.

  1. Memulai membuat iklan

Langkah ini memulai membuat teks iklannya. Mulai dengan membuat deskripsi iklan sehingga bisa menarik audience dan mudah untuk memahaminya. Selanjutnya adalah memilih gambar yang sesuai. Ingat, setiap format memiliki ukuran gambar yang berbeda. Tambahkan judul yang menarik dan link yang akan dituju.

  1. Mulai melakukan pembayaran

Langkah terakhir memakai Instagram Adsense adalah pembayaran yang bisa dilakukan melalui kartu kredit atau debit. Ketika semua syarat sudah terpenuhi, maka pihak Facebook akan mulai melakukan penayangan iklan.

Baca Juga:  Mau Dapat Cuan Dari YouTube? Begini Cara Daftar Adsense Youtube Untuk Pemula

Itulah langkah-langkah membuat iklan melalui Instagram Ads. Namun cara tersebut digunakan ketika memiliki budget dan menginginkan bisnisnya bisa menyebar secara luas. Meskipun begitu, tidak sedikit yang memanfaatkan beriklan memakai cara instagram gratis.

Cara Memaksimalkan Iklan Memakai Instagram Adsense

Memakai Instagram Adsense memang memerlukan budget yang lumayan. Oleh karena itu, sayang sekali tidak memaksimalkan fitur tersebut ketika memulai daftar. Ada beberapa cara tepat untuk iklan melalui Instagram.

  1. Memaksimalkan IG Story

Merupakan salah satu fitur dalam Instagram berupa foto dan video yang berlaku selama 24 jam. Perlu diketahui bahwa lebih dari 50% pengguna akan lebih tertarik pada barang di IG Stories. Oleh karena itu, maksimalkan fitur tersebut untuk menaikkan trafik.

Bukan hanya untuk Adsense saja, fitur stories juga bisa dilakukan promosi intagram gratis alias tanpa berbayar. Artinya meskipun tidak daftar Adsense, masih bisa memakai IG Stories.

  1. Memakai visual yang menarik

Konten utama dalam aplikasi Instagram adalah pemakaian video dan gambar. Tidak seperti aplikasi lain yang hanya menampilkan tulisan saja. Memakai gambar tentu akan lebih menarik, ketika memakai Instagram dalam beriklan.

  1. Membuat iklan yang natural

Membuat gambar atau video merupakan konten paling utama ketika memakai Instagram Adsense. Supaya audiens tidak merasa melihat iklan, maka buatlah gambar atau video yang natural. Sehingga mereka tanpa menyadari sudah melihat iklan.

  1. Mengetahui ukuran gambar Instagram Ads

Sudah disebutkan di atas bahwa format iklan di Instagram Adsense memiliki ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ketahui semua ukurannya sehingga tidak salah ketika memilih ukuran gambar.

  1. Menyiapkan budget

Memakai cara iklan Instagram ads tentu berbeda dengan cara iklan Instagram gratis. Oleh karena itu, siapkan budget yang mencukupi. Tentu saja, biaya yang ditarik sangat terjangkau dibandingkan lainnya. Harga yang dibanderol sekitar 25 ribu per harinya.

Baca Juga:  6 Cara Daftar Google Adsense For Youtube, Terbaru dan Termudah

Semakin banyak budget yang tersedia maka akan semakin banyak audience yang bisa terjangkau. Untuk memudahkan iklan, maka anggarkan dana untuk waktu tertentu.

Tentu menyenangkan ketika bisnis yang dijalankan sangat lancar. Usaha memakai Instagram Adsense bisa menjadi salah satu usaha. Ikuti langkah dan tips di atas ketika menginginkan memakai Adsense. Ingat, usaha yang dikerjakan tidak akan sia-sia ketika menjalankan dengan ikhlas. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *