Ikuti Tutorial Membuat Facebook Adsense, Ampuh Kembangkan Bisnis Anda!!

clarysports – Facebook merupakan salah satu media sosial yang masih sangat ramai penggunanya. Per harinya saja ada sekitar 2,23 miliar orang yang aktif menggunakan platform media sosial ini. Bahkan banyak pelaku bisnis atau pedagang membuat Facebook adsense.

Kalangan pebisnis menilik peluang besar yang bisa diambil dari ramainya pengguna Facebook. Para marketer memanfaatkan media sosial ini dengan mempromosikan bisnisnya. Nah, untuk itu sangat perlu bagi pebisnis tahu mengenai Facebook Adsense untuk bisnis.

Facebook Adsense

Apa Itu Facebook Adsense

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih Facebook Adsense itu? Facebook Ads merupakan sebuah fitur beriklan yang ditawarkan Facebook dengan jangkauan audiens para pengguna Facebook.

Layaknya Google Adsense, Facebook bekerja sama dengan publisher di seluruh dunia, menerbitkan produk yaitu Audience Network atau Adsensenya Facebook. Jika biasanya Anda membayar iklan kepada Facebook, kini tidak hanya sekedar membayar iklan. Anda juga bisa meraup keuntungan dengan cara bermitra dengan publisher bagi iklan-iklan yang diterima oleh Facebook.

Sebagaimana Google Adsense, di mana orang bayar iklan ke Adsense, lalu iklannya muncul di web Anda yang terpasang script adsensenya. Begitu pula dengan Facebook Ads, yang memunculkan iklannya di web Anda, aplikasi dan Artikel Insta Facebook.

Manfaat Facebook Ads Untuk Bisnis

Bagi pelaku bisnis online, tentu adanya Facebook Ads sangat menguntungkan. Berikut manfaat Facebook Adsense bagi pelaku bisnis online.

-Adanya Target Konsumen yang Fantastis

Dengan Facebook Ads, pebisnis online bisa menargetkan angka konsumennya yang besar. Sehingga iklan dapat tampil dan dilihat khalayak ramai sesuai dengan yang telah ditargetkan. Anda juga dapat menargetkan konsumen berdasarkan rentang usia, geografis, jenis kelamin, minat dan lainnya.

Baca Juga:  11 Cara Membuat Website Blog yang Mencuri Perhatian Pembaca

Terdapat pula alat editor daya Facebook yang memudahkan dalam melakukan promosi iklan media sosial Anda. Selain itu, juga dilengkapi fitur user-friendly, yang berfungsi membantu menyiapkan promosi iklan Anda.

Anda juga dapat menargetkan pelanggan dengan menyisipkan fitur pelacakan ke halaman akun Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui produk apa yang menarik bagi masyarakat.

-Membuat Brand Semakin Meningkat

Manfaat Facebook Adsense, salah satunya membuat brand meningkat. Dalam sehari pengguna Facebook akan melihat pemberitahuan di beranda mereka beberapa kali. Dengan begitu, Anda pun harus cermat membuat brand dengan branding sebaik mungkin.

Nantinya visibilitas iklan akan membantu membangun kepercayaan, sekalipun tidak banyak yang mengklik Fanspage bisnis Anda. Anda harus bisa membidik peluang untuk membangun branding yang baik untuk akun Anda.

-Dapat Menganalisis Keadaan

Di Facebook, Anda harus bisa menyesuaikan promosi dengan yang diperlukan. Anda bisa memerhatikan aktivitas-aktivitas yang ada di beranda Anda. Dari beranda inilah Anda dapat menyesuaikannya, seperti dengan menganalisis karakter orang yang menjadi target promosi bisnis Anda.

Dengan kecanggihan Adsense, Anda tidak perlu lagi menganalisisnya. Facebook sudah jauh lebih bisa melakukannya.

-Target Promosi yang Tepat

Facebook Adsense bermanfaat untuk Anda lebih memahami target promosi Anda. Di dalam Facebook Ads, Anda dapat mempromosikan bisnis dengan audiens Anda. Misalnya, Anda menjual brand gaun wanita, maka Facebook akan mempromosikan kepada audiens wanita secara otomatis.

-Tidak Adanya Batas Jarak

Manfaat Facebook Ads dalam bisnis yang terakhir, yaitu Anda dapat melakukan promosi tanpa batas jarak. Anda dapat mempromosikan brand Anda sejauh mana pun.

Selain itu, juga tidak batasan waktu, sehingga menjadi lebih fleksibel menggunakan Facebook Ads. Brand Anda dipromosikan kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Gratis di Google Sites untuk Pemula

Cara Beriklan Facebook Adsense

Setelah mengetahui manfaat Facebook Adsense, sekarang ketahui cara beriklan Facebook Ads. Berikut ini cara beriklan Facebook Ads.

  • Membuat Business Manager

Business Manager diciptakan Facebook untuk mengelola banyak akun iklan, banyak Fanspage. Dengan Business Manager, juga bisa bekerja sama dengan Business Manager lain, seperti share Facebook Pixel, Share Custom Audience, Share Fanspage, atau Share Lookalike Audience.

Berbeda dengan Facebook Personal, pada akun bisnis Anda bisa memiliki lebih dari satu akun iklan. Sehingga, jika akun iklan Anda di banned Facebook, maka masih ada cadangannya. Biasanya, satu profil Facebook dapat membuat maksimal 2 akun Business Manager, berikut cara buatnya.

  1. Buka website business.facebook.com
  2. Buat akun baru dengan nama bisnis Anda
  3. Klik “Continue” lalu masukkan nama dan email Anda. Email sesuai dengan email Facebook.
  4. Finish
  • Membuat Facebook Fanspage

Fanspage digunakan sebagai tempat beriklan. Di sini Anda dapat membuat konten iklan. Berikut cara membuat Fanspage:

  1. Buka Business Manager, kemudian klik Business Setting.
  2. Pilih dan klik Pages.
  3. Pilih dan klik Add New Pages pada bagian tengah halaman.
  4. Ada beberapa pilihan kategori, pilih Cause or Community.
  5. Buatlah nama untuk Page Anda.
  6. Klik Add People untuk menambah orang yang dapat mengakses halaman Anda. Namun, pastikan yang Anda pilih adalah orang yang sudah terdaftar di Business Manager.
  7. Klik link yang ada di bawah nama Page di bookmark, agar nantinya lebih mudah saat mencari.
  • Membuat Akun Iklan Facebook Ads

Setelah Facebook Fanpage Anda selesai dibuat, selanjutnya membuat akun iklan Facebook Adsense. Berikut ini cara membuat akun iklan Facebook Ads:

  1. Klik Business Manager, lalu klik Business Settings.
  2. Pada bagian Accounts, klik Ad Accounts, lalu Add New Ad Accounts.
  3. Pilih Create a New Ad Account pada drop titik tiga.
  4. Masukkan nama akun iklan
  5. Pilih Time Zone, Currency dan Payment Methods. 
  6. Klik tombol berwarna biru “Create Ad Account.
  7. Pilih nama user yang tersedia dan level akses yang diperbolehkan.
  8. Pilih Save Changes dan Close.
  • Menjalankan Iklan Facebook Adsense Pertama Anda

Setelah semua proses di atas selesai, selanjutnya menjalankan iklan Facebook Adsense pertama Anda. Berikut ini cara menjalankan iklan Facebook Ads pertama Anda.

  1. Masuk Ke halaman Business Manager Anda. Klik Ad Accounts yang sebelumnya Anda buat.
  2. Klik tombol hijau Create, lalu pilih Complete Campaigns.
  3. Gunakan Objective Engagement jika Anda tidak mempunyai website dan gunakan Objective Traffic jika Anda mempunyai website.
  4. Pilih Set Up Add Account. Kemudian masukkan Account Country, Currency dan Time Zone. Lalu klik Continue.
  5. Masukkan targeting iklan.
  6. Masukkan nama iklan di Ad Set Name.
  7. Pada bagian kanan Anda akan menemukan Potential Reach atau potensi jumlah orang yang melihat iklan Anda. Reach yang ada di bawah Estimated Daily Results untuk melihat jumlah orang yang melihat iklan Anda sesuai budget iklan.
  8. Pada iklan Anda, masukkan lokasi, range usia, jenis kelamin, bahasa, detailed targeting, Audience Network, dan lainnya. Setelah semua proses pengisian selesai, klik Continue.
  9. Pada halaman berikutnya, Anda bisa Create New Ad atau Use Existing Post. Create New Ad tidak dapat terlihat pada Fanspage Anda.
  10. Untuk memposting konten iklan, Anda harus kembali terlebih dahulu ke Facebook Fanpage. Selanjutnya, Anda pilih postingan tersebut di Business Manager dan klik Confirm. Anda tinggal menunggu iklan di-review oleh Facebook.
Baca Juga:  5 Cara Menempel Kode Adsense ke html, Simak dan Praktikkan!

Demikianlah tutorial membuat Facebook Adsense. Semoga dengan tutorial pada artikel ini, Anda bisa memperoleh menjalankan Facebook Ads Anda.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *