Syarat dan Cara Daftar Youtube Adsense Mudah dan Cepat

clarysports – Siapa yang tidak ingin menghasilkan uang dari Youtube? Untuk bisa memperoleh pendapatan melalui Youtube, Anda harus daftar Youtube Adsense terlebih dahulu.

Sekarang ini sudah semakin ramai orang-orang yang memanfaatkan Youtube sebagai sumber penghasilan. Rasanya sayang sekali jika memiliki ide konten keren dan kreatif, tapi tidak dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

daftar Youtube Adsense

Apa Itu Youtube Adsense?

Sebelum daftar Youtube Adsense, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Youtube Adsense. Adsense sendiri adalah sebuah program kerjasama periklanan yang dikelola oleh Google. Bukan hanya Youtube, website ataupun blogger juga bisa menggunakan Adsense.

Setiap video yang ditonton minimal 30 detik akan terhitung dan dikonversikan ke Adsense setelah akun Google tertaut Adsense. Supaya bisa mendapatkan Adsense, Anda harus memperoleh minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Syarat Daftar Youtube Adsense

Hampir semua Youtuber menggunakan iklan Adsense di videonya. Dengan begitu, mereka bisa menjadikan Youtube sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan. Namun, untuk mencapai itu semua, Youtube memberikan syarat sebelum bisa melakukan monetisasi.

Agar bisa melakukan monetisasi, akun Youtube harus sudah terverifikasi. Selain itu juga harus memiliki 1000 subscriber, tidak melakukan spamming dan mendapatkan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Anda pasti berpikir ini akan sulit untuk dilakukan. Jangan khawatir, karena Anda tetap bisa daftar Youtube Adsense sambil menunggu total jam tayang hingga 4000 jam di akun Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini syarat ketika ingin melakukan monetisasi Youtube dengan Adsense.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Gratis di Google Sites untuk Pemula

-Akun Terverifikasi

Untuk daftar Youtube Google Adsense diperlukan proses verifikasi untuk mengunggah video berdurasi panjang. Video berdurasi panjang bukan berarti harus sampai berjam-jam. Video dengan durasi lebih dari 15 menit sudah dianggap berdurasi panjang.

Jadi, agar bisa mengunggah video lebih dari 15 menit, harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi daftar Youtube Adsense tidak sulit, hanya memerlukan nomor hp aktif. Berikut ini cara melakukan verifikasi akun Youtube Anda.

  1. Buka Halaman Upload

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu membuka halaman upload. Lihat bagian bawah halaman, lalu klik “Increase Your Limit” untuk meningkatkan durasi video yang akan diunggah.

  1. Memilih Metode Verifikasi

Selanjutnya, yaitu memilih metode verifikasi. Terdapat dua pilihan metode, diantaranya menggunakan pesan suara atau pesan teks yang berisu kode verifikasi.

  1. Proses Validasi

Setelah mendapatkan kode verifikasi, selanjutnya masukkan kode tersebut ke dalam form yang tersedia. Lalu pilih “Submit“. Apabila proses validasi berhasil, akan muncul bacaan “Partner Verified” pada profil.

Setelah langkah-langkah di atas selesai dan verifikasi berhasil, Anda bisa mengunggah video panjang. Sebaiknya, Anda langsung mengunggah video lebih dari 15 menit, sebagai antisipasi suatu saat tidak perlu verifikasi ketika mengunggah video panjang.

Untuk selanjutnya, Anda dapat mengunggah video sambil melengkapi syarat monetisasi Youtube Adsense lainnya.

-4000 Jam Tayang Selama 12 Bulan Terakhir

Syarat Youtube Adsense selanjutnya, yaitu memenuhi 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Jadi, dalam setahun harus terpenuhi minimal 4000 jam tayang.

Itulah alasan pentingnya melakukan verifikasi dan mengunggah video sebanyak mungkin. Syarat ini akan cepat terpenuhi jika Anda mengunggah banyak video berdurasi panjang. Proses tersebut pasti bisa Anda lalui.

Proses ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, mungkin sekitar beberapa bulan atau setahun. Itulah sebabnya Anda perlu daftar Youtube Adsense terlebih dahulu. Suatu saat nanti Anda tidak perlu menunggu dan mendaftar Youtube Adsense.

Baca Juga:  Serba Serbi Surat Google Adsense, Ketahui Jelasnya!

-Mencapai 1000 Subscriber

Syarat daftar Youtube Adsense lainnya, yaitu memiliki 1000 subscriber. Untuk mencapai 1000 subscriber rasanya tidak begitu sulit. Sebab jumlah tersebut hanya nol koma sekian persen dari seluruh pengguna Youtube yang mencapai 1,8 milyar.

-Hindari Spamming

Syarat berikutnya, yaitu menghindari spamming atau komentar spam. Meskipun Anda sudah melakukan semua persyaratan, tetapi melakukan maka pendaftaran Adsense bisa terhambat. Itulah mengapa, sebaiknya Anda menghindari komentar spam agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Nah, itulah beberapa syarat untuk daftar Youtube Adsense tanpa ditolak. Setelah memenuhi syarat monetisasi Youtube Adsense, selanjutnya Anda bisa melakukan pendaftaran.

Cara Daftar Youtube Adsense

Untuk daftar Youtube Adsense dengan mudah, Anda memerlukan akun Youtube. Maka, langkah awal, Anda harus membuat akun Youtube. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan akun Gmail.

Anda bisa menggunakan akun Gmail Anda yang aktif dan tinggal akses Youtube, lalu login menggunakan email tersebut. Namun, jika Anda belum mempunyai akun Gmail, sebaiknya mendaftar Gmail terlebih dahulu.

Apabila Anda telah berhasil login ke Youtube, langsung masuk ke menu pengaturan. Caranya, pilih “Icon Profile – Setting“. Anda akan mengarah ke halaman pengaturan.

Pada halaman pengaturan, pilih “Icon Profile – Creator Studio” untuk masuk ke dashboard studio milik Anda. Dengan dashboard tersebut, Anda dapat mengajukan akun Youtube Adsense langsung sekalipun belum ada video yang diunggah.

Selanjutnya, pada bagian channel, pilih “Others Features – Monetization“. Anda akan menuju ke halaman Youtube Partner Program. Pada halaman Youtube Program Partner, akan terlihat tahapan yang harus dilakukan untuk daftar Youtube Adsense.

  1. Tahap Persetujuan

Tahap pertama, yaitu persetujuan Youtube Partner Program. Pada tahap ini, Anda akan disajikan ketentuan persetujuan yang berisi aturan berlaku selama menggunakan Youtube Partner Program.

Baca Juga:  Cara Daftar Google Adsense Youtube Lewat HP, Cukup 5 Langkah!

Apabila Anda setuju, langsung centang pilihan yang tersedia. Kemudian klik bacaan “I accept” untuk melakukan tahap berikutnya.

  1. Tahap Menghubungkan Youtube dengan Adsense

Tahap daftar Youtube Adsense selanjutnya, yaitu menghubungkan Youtube dengan Adsense. Jika Anda belum memiliki akun Adsense, Anda perlu mengikuti tahap membuat Adsense baru khusus untuk Youtube.

Selanjutnya, Anda akan menuju ke halaman untuk menghubungkan Youtube dengan akun Adsense. Bila Anda belum memiliki akun Adsense, Anda akan dipandu membuatnya dengan mengisi form.

Pilihlah bacaan “Create Account” setelah Anda selesai mengisi form yang tersedia. Maka, secara otomatis akan terbuka dashboard Google Adsense. Selanjutnya, isi beberapa informasi, seperti nama dan alamat. Pilih “Submit” setelah selesai mengisi dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  1. Mengatur Pilihan Monetisasi

Tahap daftar Youtube Adsense tanpa ribet selanjutnya, yaitu mengatur pilihan monetisasi. Ini merupakan tahap mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan saat mengajukan Youtube Adsense diterima.

Pada halaman Monetization, pilih “Start” pada Set monetization preference. Terdapat empat pilihan tampilan iklan, di antaranya overlay ads, display ads, sponsored cards dan skippable video ads.

  1. Review Setelah Mencapai 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang

Setelah berhasil daftar Youtube Adsense, Anda hanya perlu menunggu informasi pengajuan melalui email. Selama menunggu, Anda hanya perlu fokus membuat konten terbaik untuk mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dengan cepat.

Demikianlah syarat dan cara daftar Youtube Adsense Mudah dan Cepat. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Pahami satu persatu dan mulailah mempraktikkannya, lalu dapatkan penghasilannya.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk sukses meraih pendapatan melalui Youtube. Nantikan, artikel-artikel kami lainnya dan jangan lupa untuk berlangganan email di situs kami ini.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *