2 Cara Menempelkan Kode Adsense ke HTML Bagi Pengguna WordPress dan Blogger

clarysports – Cara menempelkan kode adsense ke HTML mungkin hal yang mudah dilakukan bagi yang sudah pernah mendaftar Google Adsense. Hanya perlu membuat unit iklan, lalu copy kode unit iklan Google Adsense. Kemudian, langsung bisa memasang di blog, baik unit iklan Google Adsense dipasang di Blogspot maupun WordPress.

Untuk Anda yang pertama kali ngeblog, dan ingin mendaftarkan Google Adsense untuk blognya, jangan khawatir. Dalam artikel ini akan dipaparkan cara menempelkan kode Adsense ke HTML. Perlu diketahui, sebelum blog dapat menampilkan Google Adsense, blog harus disetujui oleh Google Adsense terlebih dahulu untuk menampilkan iklan Adsense.

Cara menempelkan kode adsense ke HTML

Tempel Kode Setelah Pendaftaran Google Adsense Diterima

Jika blog Anda sudah disetujui untuk menampilkan iklan Adsense, barulah bisa memasang kode unit Adsense ke HTML. Dalam pendaftaran Blog ke Google Adsense ada salah satu langkah yang harus diterapkan. Diantaranya, yaitu menempelkan kode HTML Peninjauan pada struktur kode html template melalui menu Edit HTML Dashboard Blogger.

Tujuannya, untuk memastikan keberadaan Blog yang didaftarkan pada webmaster tool google. Hal demikian bisa dilacak melalui kode yang telah ditempelkan dalam struktur kode HTML penyusun template blog.

Sebelum Anda menempelkan kode Adsense di HTML, pastikan situs blog Anda telah mematuhi program Adsense. Dengan begitu, status permohonan Anda akan disetujui dan dapat memulai menayangkan iklan Adsense pada situs blog Anda.

Baca Juga:  Yuk Cobain Daftar Adsense YouTuber, Biar Bisa Dapat Uang

Apabila suatu situs blog tidak mematuhi kebijakan Adsense, secara otomatis ajuan yang Anda lakukan akan ditolak. Berikut dalam artikel ini akan dibahas cara menempelkan kode adsense ke HTML.

Jika Anda pertama kali mendaftar di Google Adsense, maka Anda akan diminta untuk memasang kode. Kode tersebut dipasang untuk menghubungkan website dengan Google Adsense.

Cara menempelkan kode adsense ke HTML Untuk Pertama Kali

Kalau Anda masih bingung cara memasang kode Google Adsense saat pertama kali, berikut ini tutorialnya:

-Daftar di Google Adsense

Hal pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mendaftar terlebih dahulu di Google Adsense.

-Ikuti Proses Pendaftaran

Anda harus mengikuti semua proses pendaftaran hingga mendapatkan kode untuk dipasang.

-Copy Kode

Setelah mendapatkan kodenya, copy kode tersebut.

-Memasang Kode

Setelah disalin, Anda harus pasang kode tersebut di website. Kode dipasang diantara tag <head> dan </head> website Anda.

Cara Menempelkan Kode Adsense ke HTML Bagi Pengguna WordPress

Cara menempelkan kode adsense ke HTML untuk pengguna WordPress bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pada Dashboard WordPress, pilih menu Appearance, lalu klik Theme Editor.
  • Selanjutnya, masuk ke file header.php yang ada pada sisi kanan halaman.
  • Kemudian Anda harus mengaktifkan fitur pencarian. Caranya, klik tombol CTRL + F/ Command + F pada keyboard. Anda dapat menggunakan fasilitas pencarian untuk mencari kode </head>.
  • Selanjutnya, kode Adsense Anda tadi diletakkan sebelum </head>.
  • Setelah Anda letakkan, klik Update File untuk menyimpan file.

Nah, setelah proses di atas Anda lakukan, artinya Anda telah berhasil memasang kode Adsense di header website WordPress Anda. Anda bisa menyelesaikan proses pendaftaran Google Adsense Anda.

Cara Menempelkan Kode Adsense ke HTML Bagi Pengguna Blogger

Lantas bagaimana cara menempelkan Adsense ke HTML untuk Blogger? Cara melakukannya juga sangat mudah. Berikuti ini langkah-langkah menempelkan kode Adsensenya:

  • Masuklah ke dashboard Blogger milik Anda. Kemudian klik menu tema.
  • Selanjutnya, pilih tombol edit HTML untuk membuka kode tema Blogger Anda.
  • Setelah itu siapkan fitur pencarian. Pada fitur pencarian cari kode </head>.
  • Letakkan atau paste kode Adsense di atas kode </head>.
  • Setelah itu, klik simpan tema.
  • Kode Adsense Anda telah terpasang sekarang.
Baca Juga:  Daftar Google Adsense Youtube Dengan Cara Mudah Bagi Pemula

Itulah cara menempelkan kode Adsense ke HTML di WordPress dan Blogger. Cara tersebut tidak sulit dilakukan, bukan?

Jika Anda pengguna software website atau platform website lain, Anda dapat sesuaikan sendiri. Hal terpenting Anda menaruh kode Adsense tadi tepat di bagian header website Anda, khususnya di atas tag </head>.

Masalah Umum yang Terjadi Pada Kode Iklan

Setelah menempelkan kode Adsense ke HTML, sebaiknya periksa iklan Anda. Hal tersebut untuk memastikan apakah iklan tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk memverifikasi iklan Adsense Anda telah diterapkan dengan benar, Anda harus memeriksa kode iklan. Anda bisa memeriksanya di tampilan kode sumber browser Anda.

-Bukalah laman pada browser Anda yang berisi kode iklan. Kemudian lihat sumber laman Anda, misalnya di Chrome. Kemudian klik Lihat – Pengembangan, lalu Lihat Sumber.

-Setelah itu, bandingkanlah kode iklan pada kode sumber laman dengan kode iklan pada Adsense Anda. Kode iklan tersebut akan muncul sama seperti kode pada akun Adsense Anda.

Jika terjadi suatu masalah pada kode iklan, maka iklan tidak akan muncul di situs. Berikut ini masalah yang umum terjadi pada kode iklan tersebut.

  • Ada tag <script> atau <ins> yang hilang, sehingga kode iklan tidak muncul secara keseluruhan.
  • Seluruh kode iklan muncul dalam satu baris sekaligus.
  • Pada kode iklan terdapat tag HTML tambahan di dalamnya.
  • Apabila terdapat salah satu masalah tersebut di atas, Anda perlu mengganti kode iklan yang rusak. Kemudian menggantinya dengan kode iklan baru yang disalin dari halaman iklan pada akun Adsense Anda.

Contoh HTML Sebelum Kode Adsense Ditambahkan

Agar Anda tidak bingung, berikut ini adalah contoh halaman html sebelum kode Adsense ditambahkan.

Baca Juga:  5 Cara Menempel Kode Adsense ke html, Simak dan Praktikkan!

<html>

<head>

Ini adalah bagian atas laman Anda.

<title>Contoh halaman HTML</title>

</head>

<body>

Ini adalah bagian isi halaman Anda.

</body>

</html>

Contoh HTML Dengan Kode Adsense yang Ditambahkan Pada Tag <head>

Ini merupakan contoh halaman html dengan kode Adsense yang ditambahkan pada tag <head>.

<html>

<head>

<script data-ad-client=”ca-pub-1234567890123456″ async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>

Ini adalah bagian atas halaman Anda.

<title>Contoh halaman HTML</title>

</head>

<body>

Ini adalah bagian isi halaman Anda.

</body>

</html>

Di atas tersebut merupakan contoh kode. Jangan Anda gunakan pada kode situs Anda.

Fungsi Memasang Kode Adsense di HTML

Menempelkan kode Adsense di HTML pada blog wajib bagi publisher Adsense. Sekalipun bagi yang masih dalam masa review. Kode unit iklan merupakan serangkaian kode javascript. Kode ini untuk ditempelkan pada blog melalui widget atau pun melalui html pada template.

Nantinya kode inilah yang akan memunculkan iklan Adsense untuk diklik pembaca. Dengan begitu Anda harus siap menerima pundi-pundi yang dollar yang mengalir ke rekening Anda. Itulah mengapa sangat penting mengetahui cara menempelkan kode Adsense ke HTML.

Memasang iklan Adsense pada website memang dapat mendatangkan keuntungan. Namun, sangat perlu memerhatikan kenyamanan pengunjung website Anda. Jangan sampai Anda menaruh iklan secara tidak beraturan, sehingga mengganggu pembaca Anda. Apalagi jika website yang diperuntukkan branding diri atau suatu brand. Rasanya, akan sangat tidak nyaman jika iklan bertebaran.

Demikian cara menempelkan kode Adsense di HTML bagi pengguna WordPress dan Blogger. Semoga dengan cara ini Anda dapat memperoleh keuntungan berupa pundi-pundi dolar yang terus mengalir.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *