Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Ikuti Yuk!

clarysports – Cara membuat website toko online sangat cocok bagi anda yang baru memulai atau telah memiliki bisnis. Perkembangan teknologi dan internet seperti sekarang memberikan banyak kemudahan, salah satunya bisa membuat website toko online.

Adanya website bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan mengembangkan bisnis. Namun agar bisa membuat website bisnis profesional dan berkualitas, tentu anda harus mengetahui caranya. Ada pun cara membuat website untuk bisnis, yaitu sebagai berikut.

Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Ikuti Yuk!

Cara Membuat Website Toko Online: Tentukan Nama

Cara membuat website yang pertama yaitu menentukan nama website. Sama seperti merk atau brand, nama juga sangat penting untuk website toko online. Nama website toko menjadi kunci utama dalam kesuksesan bisnis. Oleh karena itu usahakan memilih nama yang tidak ribet sehingga mudah diingat konsumen.

Agar lebih relevan dengan bisnis, sebaiknya cara membuat website toko online bisa dilakukan dengan tambahan produk utama dari bisnis anda. Anda bisa menggunakan kombinasi nama dengan produk utama bisnis, contohnya “IndahKonveksi”, “IndahFashion”.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kombinasi kata kerja dengan produk utama bisnis, contohnya “CariKonveksi”, “CariFashion”. Itulah contoh nama website toko yang tidak ribet, mudah diingat, dan relevan dengan bisnis anda. Berawal dari nama website toko online yang baik, maka website toko online pun akan sukses dan dikenal banyak orang.

Pilih Hosting

Cara memilih website toko online selanjutnya yaitu dengan memilih hosting. Hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data pada website. Di Indonesia, terdapat banyak jasa penyedia hosting yang menyediakan berbagai jenis layanan.

Baca Juga:  88 Cara Membuat Website Gratis di Internet untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan!

Saat memilih penyedia hosting, terdapat berbagai faktor yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar mendapatkan penyedia jasa yang berkualitas. Ada pun faktor yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

  1. Kualitas Server

Faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih penyedia jasa hosting yaitu kualitas server. Kualitas server bisa menentukan sukses atau tidaknya website anda. Kualitas server yang baik tentu bisa membuat website lebih cepat. Sedangkan kualitas server yang buruk maka bisa membuat website lebih lambat saat diakses.

  1. Customer Support

Customer Support merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih penyedia jasa hosting. Usahakan memilih jasa hosting yang menyediakan layanan Customer Support selama 24 jam dalam 7 hari. Sehingga saat terjadi kendala, anda bisa langsung menghubungi layanan tersebut.

Pilih CMS Website Toko Online

Cara membuat website toko online selanjutnya yaitu memilih CMS. CMS atau Content Management System merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan menerbitkan konten website.

Dengan CMS, maka anda bisa mengelola toko online lebih mudah.  Terdapat berbagai jenis CMS yang bisa anda pilih untuk membuat website toko online, diantaranya Joomla, WordPress, Drupal, dan lain sebagainya.

Diantara banyaknya CMS, banyak orang memilih WordPress. WordPress memiliki banyak kelebihan, diantaranya gratis, mudah dioptimasi, dan mudah dipahami. Selain itu, CMS WordPress sangat mudah dikelola, sehingga siapa saja bisa menggunakan WordPress tanpa harus memahami bahasa pemrograman.

Mulai Instalasi WordPress

Cara membuat website toko online selanjutnya yaitu menginstalasi WordPress. Sebelum menginstal WordPress, biasanya penyedia jasa hosting telah memberikan fitur Softaculous. Fitur ini memudahkan anda untuk menginstal WordPress dari cPanel. Caranya yaitu dengan login ke akun cPanel, kemudian masukkan username dan password.

Setelah berhasil login sampai ke dashboard cPanel, selanjutnya cari aplikasi Softacolous. Kemudian pilih WordPress dan mulai instalasi. Setelah berhasil menginstalasi WordPress, lanjutkan dengan melengkapi detail website. Setelah itu mulai atur username dan password.

Baca Juga:  Langkah-Langkah Daftar Adsense Youtube Beserta Syarat-syaratnya!

Mulai Instalasi Plugin WooCommerce

Setelah berhasil menginstalasi dan memiliki akun WordPress, cara membuat website toko online selanjutnya yaitu menginstalasi plugin WooCommerce. WooCommerce merupakan salah satu plugin yang digunakan untuk membuat toko online. WooCommerce dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap untuk mendukung fungsi toko online.

Melalui WooCommerce, anda bisa mengelola dan buat toko online gratis selamanya menjadi lebih mudah. selain itu, anda juga bisa menampilkan produk yang dijual secara online sesuai keinginan. Banyak orang memilih WooCommerce untuk bisnis online, karena memiliki banyak kelebihan. Ada pun kelebihan menggunakan WooCommerce, 3 diantaranya sebagai berikut.

  1. Gratis

Kelebihan menggunakan WooCommerce yaitu tidak dipungut biaya alias gratis. Meski gratis, namun fitur di WooCommerce sangat mudah dikelola, sehingga anda tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman untuk mengelolanya.

  1. Tersedia Analytics Tool

Kelebihan menggunakan WooCommerce selanjutnya yaitu tersedianya berbagai macam analytics tool yang bermanfaat bagi pengguna. Melalui analytics tool, anda bisa mengetahui berbagai data penjualan, seperti keuntungan, pendapatan harian, dan lain sebagainya. Hal ini tentu memudahkan anda dalam mengelola dan mengembangkan website toko online.

  1. Mobile Friendly

Kelebihan menggunakan WooCommerce selanjutnya yaitu mobile friendly, sehingga bisa diakses menggunakan smartphone. Seperti yang diketahui, pengguna smartphone jauh lebih banyak dibandingkan pengguna desktop, sehingga toko online anda berpeluang lebih besar diakses oleh calon konsumen.

Itulah 3 keuntungan yang didapatkan jika mengggunakan WooCommerce untuk website toko online gratis. Selain keuntungan di atas, terdapat keuntungan lain jika menggunakan WooCommerce, antara lain dilengkapi fitur menarik, keamanan terjamin, dan adanya komunitas.

Mulai Pengaturan WooCommerce

Cara membuat website toko online selanjutnya yaitu mulai melakukan pengaturan WooCommerce. Setelah menginstalasi dan mengaktifkan WooCommerce, anda bisa melanjutkan pengaturan dengan menekan tombol “Run the Setup Wizard”.

Baca Juga:  Apa Itu Google Adsense Apk? Simak Semua Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Mendaftar

Kemudian lanjutkan dengan mengisi data dan informasi yang diperlukan untuk keperluan website toko online. Ada pun data yang harus diisi antara lain tempat toko, alamat, jenis mata uang, dan jenis penjualan produk.

Setelah melengkapi data dan informasi mengenai toko online, cara membuat website gratis selanjutnya yaitu menentukan jenis pembayaran. Setelah menentukan jenis pembayaran, lanjutkan memilih tombol “continue”. Setelah mengisi semua langkah pengaturan, selanjutnya klik “Return to Your Dashboard” untuk kembali ke dashboard.

Mulai Unggah Produk Toko Online

Setelah melakukan pengaturan, cara membuat website toko online selanjutnya yaitu mulai mengunggah produk toko online. Caranya yaitu dengan membuka menu WordPress, kemudian pilih menu “Product”.

Setelah itu lanjutkan dengan memilih “Add New”. Kemudian anda akan masuk dan diminta melengkapi data di halaman post produk. Data tersebut berisi judul produk, deskripsi produk, kategori produk, dan harga produk.

Setelah itu masukkan gambar produk dengan memilih tombol “Set product image” untuk gambar utama. Kemudian pilih tombol “Add product gallery images”, untuk produk galeri yang ditampilkan. Setelah melengkapi semua data untuk keperluan toko online, selanjutnya pilih tombol “publish”.

Cara Melihat Hasil Postingan

Setelah mengisi semua informasi produk, anda bisa melihatnya dengan menekan tombol “view”. Jika informasi produk telah sesuai, anda bisa melanjutkan mengunggah foto produk yang lain.

Terdapat berbagai cara membuat website toko online, mulai dari menentukan nama website hingga melihat hasil postingan produk. Dengan menerapkan cara di atas, maka anda bisa membuat website toko online lebih mudah dan tanpa ribet. Jika telah memiliki website toko online, anda hanya perlu mengoptimasi website dan rutin melakukan promosi.

 

About admin

Check Also

cara membuat website toko online dengan Wordpress

Inilah 7 Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

clarysports – Bagi pebisnis, cara membuat website toko online dengan WordPress bisa menjadi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *