Inilah 7 Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

clarysports – Bagi pebisnis, cara membuat website toko online dengan WordPress bisa menjadi salah satu upaya yang tak mudah dilakukan. Ada kalanya seorang pebisnis pun gagap teknologi dan tak terlalu mengerti tentang sistem yang ada dalam sebuah website. Padahal, website adalah hal yang penting untuk sebuah bisnis online.

Anda bisa memaksimalkan penjualan ketika memiliki website online. Website pun bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda jadikan patokan dalam membuat website online menggunakan WordPress.

cara membuat website toko online dengan WordPress

Inilah Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

Berikut adalah langkah-langkah membuat toko online dengan wordpress dengan mudah:

Menyiapkan Domain dan Hosting

Cara membuat website toko online dengan WordPress yang pertama yakni menyiapkan domain dan hosting yang tepat. Apakah domain? Domain adalah sebuah nama dari bangunan website yang disematkan untuk ditelusuri oleh pelanggan. Sedangkan hosting adalah tempat untuk meletakkan nama domain agar pembaca bisa mendapatkan jawaban atas rasa penasaran mereka.

Jika diibaratkan secara ringkas, hosting adalah sebuah rumah dalam suatu wilayah, sedangkan domain adalah alamat rumah yang dituju. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena saling berhubungan satu sama lain. Anda dapat menyiapkan website toko online gratis, kemudian mengisinya dengan berbagai pilihan barang dagangan yang hendak dijual.

Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress : Meng-Instal WordPress

Adapun cara melakukan penginstalan WordPress yang paling mudah akan dijabarkan dalam ulasan singkat berikut. Pertama login ke akun C-panel yang telah didaftarkan. Umumnya, hanya melakukan verifikasi di akun email saja. Ke dua, lakukan instal CMS pada hosting. CMS (Content Management System) merupakan salah satu tempat direktori file yang menyimpan semua berkas dalam internet.

Baca Juga:  7 Cara Membuat Website di HP Anti Ribet, Segera Buat!

Langkah ke tiga, instal WordPress dengan menggunakan CMS yang telah diunduh sebelumnya, ditambah dengan fitur Softaculous untuk memperlancarnya. Pilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik tombol “Instal Now”. Tunggu beberapa menit hingga laman WordPress siap digunakan. Tak ada cara membuat toko online lewat HP yang lebih mudah dibandingkan langkah ini. Praktikkanlah.

Membuat Username dan Password pada WordPress

Setelah WordPress siap digunakan, maka Anda bisa mengatur ulang username dan password yang akan digunakan. Cara membuat website toko online dengan WordPress ini cukup mudah dilakukan bahkan oleh orang awam di dunia maya. Dengan mengatur username lebih spesifik, Anda juga dapat memberikan izin untuk para admin agar bisa meng-handle website dalam beberapa email sekaligus.

Membuat Sketsa Layout pada Website

Tata letak atau layout merupakan sebuah upaya yang bisa dilakukan pemilik toko online untuk mempercantik tampilan pada produk yang ingin diunggulkan. Fungsi utama dalam layout website ini yakni untuk menarik pelanggan agar lebih memudahkan saat hendak bertransaksi. Pengaturan layout atau landing page pada website juga bisa dipantau efektivitasnya dalam pemasaran.

Upaya dan cara membuat website toko online dengan wordpress ini akan lebih maksimal ketika layout website sudah siap. Umumnya, fitur ideal yang ada dalam website adalah halaman penjelasan produk, halaman harga, halaman member, fitur chat untuk pelanggan, atau beberapa laman marketplace yang bisa diakses calon pembeli.

Menambahkan Produk Pertama

Langkah selanjutkan ketika website WordPress sudah siap yakni memasukkan produk-produk yang dijual. Anda bisa memasukkan produk dengan cara manual, yakni mengunggah satu persatu, atau bisa juga menggunakan tools yang bisa memasukkan produk otomatis secara massal.

Baca Juga:  Cara Membuat Website dengan WordPress Lebih Cepat dan Murah

Pastikan Anda juga memberikan tag dan hastag yang sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan. Hal ini akan membantu proses pemasaran website menjadi lebih baik. Hal ini merupakan langkah untuk menaikkan branding dan trafik pada website agar semakin cepat mendapatkan pengunjung baru. Tak heran bila cara membuat website toko online dengan WordPress cukup diminati karena mudahnya akses yang ditawarkan.

Tambahkan Plugin Website

Plugin dalam website akan membantu kanal untuk lebih optimal dalam hal pemasaran. Plugin toko online Indonesia yang dijadikan sebagai penguat website. Anda akan lebih mudah menambahkan fitur keamanan, fitur chat, dan laman yang mobile friendly saat digunakan. Dalam WordPress terdapat beberapa plugin yang bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Plugin WooCommerce

Plugin satu ini menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan online shop. Kemampuannya cukup baik untuk membuat aneka website, terlebih untuk toko yang berbasis daring. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan yakni integrasi dengan Paypal, laporan penjualan, laporan penerimaan barang, laporan stok, hingga fitur untuk kupon diskon dan lainnya.

Plugin WP eCommerce

Salah satu cara membuat website toko online dengan WordPress yang bisa dimaksimalkan yakni dengan menggunakan plugin WP eCommerce. Kemudahan dalam plugin ini mencakup banyak hal antara lain untuk menjual produk digital maupun fisik, laman untuk membership, dan kemudahan dalam e-commerce.  Di antara fitur utama dalam plugin satu ini yakni sebagai berikut.

  • Bisa mengatur pilihan pembayaran, baik dompet digital maupun transfer bank
  • Bisa melakukan proses checkout produk lebih praktis
  • Bisa mengatur layout website dengan leluasa
  • Bisa mengarahkan untuk memilih aneka ekspedisi yang ditawarkan toko online Anda.

Optimasi Website dengan Maksimal

Setelah skema dalam toko online Anda sudah maksimal, kini saatnya melakukan optimasi untuk website dan produk Anda. Di antara beragam langkah dan cara membuat website toko online dengan WordPress yang bisa diterapkan di atas, Anda juga harus memaksimalkannya untuk pemasaran yang lebih baik.

Baca Juga:  Tutorial Mudah Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Ribet

Optimasi SEO On Page

Optimasi untuk SEO On Page biasanya berkaitan dengan domain dan hosting yang dikelola. Anda dapat mengupayakan dengan menulis artikel dengan standar SEO friendly. Tujuannya yakni agar website Anda semakin mudah ditemukan pembaca dan pelanggan. Semakin tinggi tingkat SEO yang terbaca, maka semakin besar peluang trafik pengunjung yang meningkat.

Dalam SEO On Page akan memaksimalkan metadeskripsi, internal link, backlink, hingga site speed. Semua hal yang berkaitan dengan laman akan dipantau pergerakannya agar optimasi tetap terjaga ritmenya.

Optimasi SEO Off Page

Otimasi SEO Off Page biasanya akan fokus pada hal-hal teknis di luar konten seperti bekerja sama dengan brand tertentu, mengajukan endorsement, optimasi dari kanal media sosial lainnya, dan sejenisnya. Optimasi ini lebih fokus di luar konten, bukan hanya sebatas menyajikan artikel tentang cara membuat website toko online dengan WordPress yang anti ribet.

Optimasi SEO Off Page akan lebih banyak menyoroti kualitas link, page autority, kualitas domain, dan peringkat web saat dicermati oleh mesin pencari Google. Tujuan optimasi ini yakni agar website semakin banyak dikenal dan bisa memiliki kredibilitas yang baik di mata pembaca dan calon pembeli.

Tutorial dan cara membuat website toko online dengan WordPress di atas bisa langsung dipraktikkan. Semakin cepat dibuat, maka semakin cepat pula langkah optimasi yang bisa Anda lakukan. Toko online yang sudah memiliki pelanggan tetap tentu akan lebih cepat mengalami perputaran modal. Oleh karena itu, jangan tunda untuk buat website untuk toko online Anda, lakukan secepatnya!

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *