7 Cara Membuat Website Perusahaan Bagi Pemula

clarysports – Cara membuat website perusahaan di masa sekarang terbilang mudah. Apalagi jika mengingat kemajuan teknologi yang terus mengalami perkembangan. Saat ini, banyak sekali perusahaan kecil sampai besar yang mempromosikan produk atau jasa melalui website. Hal ini karena sistem yang digunakan serba online.

Masyarakat akan mencari segala informasi yang dibutuhkan melalui internet. Jadi, jika produk atau jasa kamu dikenal di dunia maya, maka kamu bisa merasakan manfaatnya. Mulai dari peningkatan penjualan terhadap produk atau jasa itu sendiri sampai meningkatkan trafik web.

7 Cara Membuat Website Perusahaan Bagi Pemula

Cara Membuat Website Perusahaan Anti Ribet

Sebelum kamu mencoba langkah-langkah membuat website, kamu harus tahu dan menentukan tujuan lebih dulu. Apakah website tersebut kamu gunakan untuk menjual produk, untuk memuat informasi, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah menentukan tujuan tersebut, maka mudah untuk melakukan langkah selanjutnya seperti di bawah ini.

  • Memilih Content Management System

Salah satu cara membuat website bagi pemula adalah dengan memilih content management system. Istilah ini lebih dikenal sebagai CMS atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menambah dan mengubah konten website. Adanya perangkat tersebut membantu kamu yang tidak paham tentang HTML.

Ada banyak sekali CMS yang bisa kamu coba gunakan dan menjadi referensi. Contohnya WordPress, Blogspot, Joomla, Drupal, dan Wix. Kamu bisa melihat masing-masing kelebihan dan kekurangan CMS sebelum membuat website.

  • Menentukan Nama Domain

Cara membuat website perusahaan kedua adalah menentukan nama domain. Nama domain sering disebut sebagai alamat website. Alamat tersebut sangat penting agar mudah ditemukan oleh banyak pihak. Ada beberapa ekstensi yang banyak digunakan dalam website. Sebut saja .com, .co.id, dan .id.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Daftar Youtube Adsense Mudah dan Cepat

Ekstensi tersebut sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Karena yang dibutuhkan adalah nama atau alamat website itu sendiri. Jadi, kamu bisa memilih nama domain yang sesuai dengan nama perusahaan agar pengunjung tidak bingung dan salah paham.

Selain itu, cara membuat website perusahaan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 untuk satu tahun masa aktif. Tidak hanya domain saja yang harus kamu perhatikan, tapi juga hosting. Karena tanpa hosting dan domain, kamu tidak akan bisa membuat website perusahaan.

  • Menggunakan Logo Website yang Menarik

Cara membuat website perusahaan agar terlihat menarik dan banyak dikunjungi bisa melalui penggunaan logo. Logo menjadi salah satu faktor penting yang membuat seseorang ingat dengan brand kamu. Itulah kenapa logo sangat penting dan kamu harus membuatnya terlihat unik.

Gunakan logo yang simpel, tapi juga jarang digunakan. Selain itu, perhatikan juga warna pada logo. Karena tidak sedikit desain logo yang membuatnya terlihat tidak menarik bukan dari desain, melainkan warna. Kamu bisa menggunakan warna yang melambangkan visi dan misi perusahaan. Selain itu, tempatkan logo dengan pas agar tidak mengganggu pengunjung.

  • Memperhatikan Desain Website

Cara membuat website perusahaan yang mudah bagi pemula adalah memperhatikan desain website. Desain menjadi salah satu penentu untuk menarik banyak pengunjung. Hal ini karena pengunjung mencari website yang nyaman dan mudah digunakan saat mencari informasi. Namun, masih banyak para pemula yang bingung dan salah dalam memilih desain.

Kamu bisa memilih theme atau template yang gratis dan tersedia dalam website. Cara mengubahnya, kamu bisa masuk ke akun website terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu Appearance dan pilih Themes. Tekan menu Add New dan pilih theme yang menurut kamu nyaman dilihat.

Baca Juga:  6 Cara Daftar Google Adsense For Youtube, Terbaru dan Termudah

Berbicara tentang desain, bukan hanya menggunakan tema atau template saja. Akan tetapi, kamu juga harus mendesain website agar terlihat lebih rapi. Karena saat kamu menggunakan theme baru, biasanya ada banyak menu yang kotor. Oleh karena itu, kamu bisa mendesain ulang dari halaman depan sampai halaman lainnya agar terlihat lebih rapi.

  • Membuat Konten Seputar Produk atau Jasa

Cara membuat website perusahaan yang menarik adalah dengan membuat konten seputar produk atau jasa. Kamu bisa menulis artikel berisi edukasi. Contohnya menulis tentang pengenalan terhadap produk, manfaatnya, fasilitasnya, dan lain sebagainya. Konten yang kamu buat harus relevan dengan produk atau jasa kamu.

Dengan begitu, akan banyak pengunjung yang merasa tertarik dan mendapatkan banyak informasi dengan mudah. Selain itu, website akan terasa lebih banyak isinya dibandingkan hanya mempromosikan produk atau jasa saja. Namun, jangan membuat konten yang hanya asal-asalan saja ya.

Cara membuat website perusahaan ini harus dilakukan dengan serius. Tujuannya agar konten kamu bisa dinikmati oleh banyak orang dan mudah ditemukan di mesin pencari. Jika konten kamu ada di pencarian teratas, maka website kamu bisa ada di page one. Kamu juga bisa menambahkan gambar atau video untuk membuat konten yang unik.

  • Memperhatikan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal yang harus diperhatikan dalam membangun website. SEO mempunyai fungsi untuk membuat website berada di halaman teratas Google. Kamu bisa mencoba cara membuat website dari nol ini dengan mudah.

Caranya adalah memasukkan kata kunci atau keyword di setiap artikel yang kamu buat. Keyword membantu konten kamu agar lebih mudah ditemukan. Biasanya keyword terbagi menjadi dua, yaitu keyword utama dan keyword turunan. Kamu bisa menggunakan berbagai tools untuk mencari keyword yang banyak dicari oleh pengguna.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

Namun, keyword yang kamu pilih haruslah mempunyai volume tinggi, tapi persaingannya rendah. Dengan begitu, potensi untuk berada di urutan pertama sangat tinggi. Itulah kenapa banyak website yang menerapkan konten SEO agar produknya semakin mudah ditemukan.

  • Melakukan Optimasi Website

Cara membuat website perusahaan bisa kamu lakukan melalui optimasi website. Hal ini masih jarang diperhatikan oleh kaum pemula. Padahal melakukan optimasi sangat penting untuk perusahaan pemula. Salah satu tujuan dari optimasi website adalah menambah banyak pengunjung.

Selain itu, secara otomatis kamu bisa mendapatkan banyak konsumen secara langsung. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk optimasi. Mulai dari menempatkan CSS, Java Script, mengurangi HTML, sampai mengompresi gambar. Tidak hanya itu saja, optimasi bisa dilakukan dengan memperhatikan apakah website berjalan lambat atau tidak.

Karena salah satu faktor website sepi akan pengunjung adalah website yang lemot. Banyak pengunjung yang tidak sabar menunggu meski hanya beberapa detik saja. Alhasil, pengunjung lebih memilih website yang loadingnya cepat. Oleh karena itu cara membuat website perusahaan tersebut sangat penting agar website kamu tetap banyak pengunjung.

Ada lagi cara membuat website yang harus kamu perhatikan, yakni memilih desain atau tema yang mobile friendly. Hal ini masih jarang diperhatikan sehingga saat website dibuka melalui smartphone akan terlihat berantakan dan kacau. Tentunya hal ini mengurangi minat pengunjung untuk membaca lebih lanjut informasi di web kamu.

Jika kamu merasa kesulitan membuat website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website yang andal dan terpercaya. Namun, jika kamu ingin menghemat biaya, tidak ada salahnya mencoba cara membuat website perusahaan secara mandiri.

About admin

Check Also

cara membuat website toko online dengan Wordpress

Inilah 7 Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

clarysports – Bagi pebisnis, cara membuat website toko online dengan WordPress bisa menjadi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *