Cara Membuat Website Online Shop Lebih Mudah Tanpa Coding

clarysports – Ketahui cara membuat website online shop sangat penting agar bisnis anda diketahui banyak orang. Jika online shop diketahui banyak orang, tentu bisa meningkatkan penjualan, sehingga bisnis semakin berkembang.

Sebenarnya, membuat website untuk online shop sangat mudah jika memahami caranya secara tepat. Bagi anda yang penasaran bagaimana cara buat toko online gratis selamanya, berikut ulasan lengkapnya.

Cara Membuat Website Online Shop Lebih Mudah Tanpa Coding

Lakukan Riset Pasar

Sebelum mengetahui cara membuat website online shop, hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan riset pasar. Riset pasar merupakan salah satu strategi bisnis agar bisnis tepat sasaran.

Strategi bisnis ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan keinginan konsumen. Sehingga anda bisa melakuan promosi secara efektif untuk menarik calon konsumen. Lakukan riset sebelum menjalankan bisnis sangat penting bagi setiap pemilik bisnis agar bisnis semakin berkembang.

Tentukan Nama Online Shop

Setelah melakukan riset pasar dan mengetahui keinginan konsumen, cara membuat website online shop selanjutnya yaitu menentukan nama. Nama online shop menunjukkan identitas bisnis anda. Oleh karena itu, pastikan menentukan nama online shop yang berkualitas dan mudah diingat konsumen.

Anda bisa memilih nama online shop sesuai produk barang atau jasa yang dijual. Setelah menentukan nama online shop, anda bisa melakukan pengecekan ketersediaan nama di penyedia jasa hosting.

Tentukan Hosting Berkualitas

Dalam mendirikan website toko online gratis, hosting menjadi bagian terpenting yang tidak boleh terlewatkan. Terdapat berbagai penyedia jasa hosting berkualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget anda.

Baca Juga:  11 Cara Membuat Website Blog yang Mencuri Perhatian Pembaca

Setelah mendapatkan penyedia jasa hosting, lanjutkan dengan memilih server yang sesuai untuk kebutuhan online shop. Terdapat berbagai spesifikasi yang bisa digunakan untuk online shop, antara lain SSD Storage, Disk Space 2 GB, dan Unlimited Inodes.

Sebelum memilih spesifikasi server, pastikan anda menyesuaikan dengan kebutuhan online shop. Selain itu, anda juga bisa meminta saran dari pihak penyedia jasa hosting agar mendapatkan spesifikasi tepat dan berkualitas agar website lebih optimal.

Cara Membuat Website Online Shop: Tentukan CMS

Tentukan CMS menjadi bagian penting sebelum membuat website online shop. CMS atau Content Management System merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan anda untuk membuat, mengubah, dan mengatur konten website.

Melalui CMS, anda bisa menulis konten website, mengatur SEO, menambahkan foto, dan lain sebagainya. Terdapat berbagai CMS yang bisa anda gunakan untuk membuat website online shop, salah satunya WordPress.

WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat populer dan disukai pengguna. Hal ini karena WordPress memiliki fitur fleksibel dan mudah dikelola pengguna, sehingga lebih mudah digunakan. Selain itu, WordPress juga bisa digunakan oleh pemula, karena bisa dikelola tanpa harus menguasai HTML.

Proses Menginstalasi WordPress

Cara membuat website online shop selanjutnya yaitu proses instalasi WordPress. Anda bisa menginstalasi WordPress melalui cPanel. Berikut ini cara yang harus dilakukan saat menginstalasi WordPress.

  1. Akses dan login cPanel menggunakan URL yang diberikan oleh penyedia jasa hosting;
  2. Cari kolom Softaculous Apps Installer pada halaman utama cPanel;
  3. Cari WordPress yang ada di halaman Softaculous Apps Installer;
  4. Pilih tombol “Install Now” untuk memulai proses instalasi WordPress;
  5. Setelah berhasil menginstalasi WordPress, lanjutkan melengkapi data website;
  6. Setelah melengkapi data website, lanjutkan dengan mengatur akun admin. Pada akun admin, anda bisa mengatur username dan password. Username dan password akan digunakan saat anda akan login ke website, oleh karena itu Pastikan memasukkan kata sandi yang kuat dan mudah diingat.
Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense Tanpa Blog Terampuh!

Proses Instalasi Plugin WooCommerce

Setelah berhasil menginstalasi WordPress, cara bikin website selanjutnya yaitu menambahkan plugin. Plugin merupakan aplikasi tambahan yang digunakan untuk menambah fitur pada website. Terdapat berbagai plugin yang bisa ditambahkan untuk menambah fungsi website, salah satunya WooCommerce.

Plugin WooCommerce banyak digunakan untuk membuat online shop, karena memiliki fitur paling lengkap. Selain itu, plugin ini juga mudah digunakan, sehingga bisa digunakan oleh pemula. Berikut ini cara mudah menginstalasi plugin WooCommerce.

  1. Pilih menu “Plugin” yang ada di dashboard WordPress dan klik “Add New”;
  2. Cari plugin WooCommerce, kemudian lanjutkan menginstalasi dan mengaktifasi WooCommerce;
  3. Atur Plugin WooCommerce sesuai keinginan. Pada pengaturan ini, anda bisa menambahkan alamat bisnis, mata uang yang digunakan dalam pembayaran, dan lain sebagainya. Lengkapi semua data online shop secara lengkap dan sesuai.

Posting Produk Bisnis

Cara membuat website online shop selanjutnya yaitu mulai posting produk bisnis yang ingin dijual. Anda bisa mengunggah produk yang ditawarkan, kemudian tambahkan deskripsi mengenai produk tersebut.

Usahakan menulis informasi produk secara detail, sehingga memudahkan konsumen mendapatkan produk sesuai keinginan. Setelah menulis informasi detail terkait produk, jangan lupa untuk menekan tombol “Publish” untuk mengunggah gambar tersebut di website.

Optimasi Website Online Shop

Setelah mengetahui cara membuat website online shop, selanjutnya yaitu optimasi website. Optimasi sangat diperlukan agar website mudah ditemukan oleh calon konsumen. Selain itu, optimasi juga bertujuan untuk menaikkan traffic website. Terdapat berbagai cara optimasi yang bisa diterapkan, 4 diantaranya sebagai berikut.

  1. Tampilan Mobile Friendly

Tampilan menjadi bagian terpenting dalam website, karena bisa mempengaruhi SEO dan user experience. Website yang baik memiliki tampilan mobile friendly, sehingga mudah diakses melalui perangkat mobile.

Baca Juga:  6 Cara Mendapatkan Adsense Youtube, Ikuti Trik Mudahnya Ini!

Dengan menggunakan tampilan website mobile friendly, maka bisa membuat website banyak diakses oleh calon konsumen. Hal ini tentu bisa mempengaruhi traffic website online shop anda.

  1. Perhatikan Ukuran Gambar

Cara membuat website online shop agar lebih optimal yaitu dengan memperhatikan ukuran gambar. Pastikan gambar yang digunakan tidak memperlambat loading website. Hal ini karena gambar yang lambat bisa berpengaruh terhadap SEO dan user experience.

Oleh karena itu, agar tidak mempengaruhi loading website, sebaiknya perhatikan ukuran gambar sebelum diunggah. Anda bisa melakukan compress image sebelum mengunggah gambar agar website lebih cepat dan optimal.

  1. Update Produk secara Berkala

Cara optimasi selanjutnya yaitu sering melakukan update produk yang dijual secara berkala. Rutin update produk bertujuan agar calon konsumen tidak bosan dengan tampilan yang monoton. Sehingga dengan selalu melakukan update secara berkala, maka bisa menarik minat calon konsumen.

  1. Rutin Melakukan Promosi

Cara optimasi website online shop selanjutnya yaitu dengan rutin melakukan promosi. Promosi sangat penting untuk menjangkau lebih banyak konsumen agar penjualan meningkat. Tanpa promosi, tentu akan sulit mendapatkan banyak pelanggan, apalagi jika anda baru memulai bisnis online.

Promosi bisa dilakukan menggunakan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan media sosial. Anda bisa membagikan link website online shop di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Terdapat berbagai cara membuat website online shop yang bisa anda terapkan dengan mudah. Bahkan melalui cara di atas, anda bisa membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Agar website online shop lebih ramai dan berkembang, usahakan selalu mengevaluasi website dan membenahi gambar atau deskripsi yang kurang menarik.

 

About admin

Check Also

cara membuat website toko online dengan Wordpress

Inilah 7 Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

clarysports – Bagi pebisnis, cara membuat website toko online dengan WordPress bisa menjadi salah satu …

One comment

  1. Terima kasih infonya. Saat ini website sudah menjadi kebutuhan setiap pemilik bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *