Cara Membuat Website dengan Google Sites Lebih Mudah

clarysports – Cara membuat website dengan Google Site bisa menjadi lebih mudah jika kita mengetahui caranya dengan benar. Terlebih bagi para pemula banyak yang menganggap bahwa membuat website itu sulit karena bersifat teknis, terutama dari sisi keahlian dan biaya.

Google Site adalah platform milik Google yang bisa menjadi solusi cerdas untuk membuat website dengan mudah dan praktis. Kini Anda tidak perlu lagi memahami bahasa pemrogaman atau coding, dengan salah satu fitur Google Apps for Education ini Anda bisa membuat situs hanya dengan satu kali klik saja. Anda juga tidak perlu pusing menyediakan hosting dan domain karena di Google telah tersedia server serta software.

Cara Membuat Website dengan Google Sites Lebih MudahCara Membuat Website dengan Google Sites Lebih Mudahe

Kelebihan Google Site untuk Membuat Website

Sebelum mengetahui cara membuat website dengan Google Site, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki Google Site, diantaranya:

  1. Terintegrasi dengan google

Karena sudah terhubung dengan akun Google Anda, Anda tidak perlu susah payah melakukan backup setiap saat. Hal ini dikarenakan website yang dibuat dengan Google Site langsung disimpan di Google Drive.

  1. Tampilan yang simple

Tampilan pada Google Site didesain dengan sangat sederhana dan mudah dipahami, sehingga Anda dapat dengan mudah mengoperasikannya.

  1. Keamanan terjaga

Sama halnya dengan layanan Google lainnya, Google Site memberikan perlindungan maksimal sehingga aman dari virus dan serangan hacker.

  1. Akses website Cepat

Karena website ini dijalankan dengan server Google, maka kecepatannya pun tidak perlu diragukan lagi.

  1. Fitur Sharing

Dengan adanya fitur share mengelola website Google Site menjadi sangatlah mudah. Sama halnya seperti Google Drive dan Docs.

  1. Akses dari segala perangkat

Situs yang dibuat dengan Google Site bisa diakses dari berbagai media, seperti PC, Laptop, ataupun Handphone.

  1. Gratis

Layanan pembuatan situs ini dapat dinikmati secara gratis.

Baca Juga:  6 Cara Membuat Website Toko Online dengan Wordpress, Ikuti Yuk

Disamping beberapa kelebihan di atas, tentu Google Site juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, seperti tidak mendukung CRM, fitur jualan online, serta kontrol khusus. Juga tidak adanya fasilitas drag serta drop dalam desain halaman website, tidak memiliki dukungan iframe serta script.

Cara Membuat Website dengan Google Site

Berikut langkah-langkah cara membuat website dengan Google Site.

Akses Google Site

Cara membuat website dengan Google Site yang pertama adalah mengakses Google Site. Siapkan terlebih dahulu akun Google agar dapat menggunakan Google Site. Jika sudah punya segera saja akses dan log in dengan akun yang sudah ada.

Buat Draft Website

Cara membuat website dengan Google Site kedua adalah membuat draft website. Jika sudah masuk ke Dashboard Google Site, Anda akan menemukan beberapa pilihan template pada bagian atas halaman. Anda bisa mendapatkan desain secara instan dengan adanya template yang siap pakai. Namun, jika Anda ingin membuat desain website yang unik Anda bisa memilih opsi “Blank” untuk memulai draft website Anda.

Kenali Penyunting Google Site

Setelah memilih opsi “Blank” Anda akan dibawa ke halaman penyunting Google Site. Cara membuat website dengan Google Site selanjutnya adalah menyunting. Google Site memiliki enam pilihan tema untuk membuat website yang menarik. Namun, meskipun sudah menentukan satu tema, Anda masih bisa menentukan ukuran font dan latar belakang yang digunakan dengan mengklik saja elemen yang digunakan.

Pada bagian tengah di halaman penyunting ini menunjukkan preview website Anda. Di bagian atas Anda akan menemukan beberapa tombol, seperti Undo, Redo, Preview, Copy website link, Share with other people, Setting, More, Publish. Terakhir di bagian kanan terdapat berbagai menu untuk melakukan kustomisasi website, seperti Insert, Pages, dan Themes.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Youtube Channel Ke Adsense Dengan Mudah

Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi dari beberapa tombol di atas.

  1. Undo berfungsi untuk membatalkan perubahan yang telah dibuat.
  2. Redo berfungsi untuk mengembalikan perubahan yang baru dilakukan.
  3. Preview berfungsi untuk melihat website Anda.
  4. Copy website link berfungsi untuk menyalin link dari draft situs.
  5. Share with other people berfungsi untuk mengajak rekan untuk berkolaborasi mengelola konten Anda.
  6. Setting berfungsi untuk melakukan beberapa pengaturan desain situs Anda.
  7. More berfungsi untuk menampilkan fungsi yang lebih banyak lagi.
  8. Publish berfungsi untuk menerbitkan website yang selesai dibuat.
  9. Nama dokumen situs diisi dengan pemilihan nama yang unik.
  10. Nama Situs berisi alamat situs Anda
  11. Judul Halaman berisi nama halaman yang terdapat pada situs.
  12. Insert berfungsi untuk memasukkan konten ke situs Anda, seperti gambar, dokumen, serta aplikasi lainnya.
  13. Pages berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman yang Anda miliki.
  14. Themes berisi berbagai macam tema yang bisa disesuaikan.

Buat Desain Website

Cara membuat website dengan Google Site selanjutnya adalah membuat desain website. Setelah mengenal bagian-bagian penyunting di Google Site, sekarang saatnya membuat desain untuk website Anda. Pertama, klik teks judul di header lalu ganti dengan nama website Anda. Langkah berikutnya, klik “Text Box” di tab Insert untuk memasukkan kolom teks di bawah header. Ketika kolom teks diklik, Anda bisa mengubah format teks sesuai tampilan yang Anda inginkan. Opsi “Formatting” mirip dengan yang ada di Microsoft Word atau Google Docs.

Cara membuat website dengan Google Site selanjutnya Anda bisa mulai membuat draft halaman website tersebut dengan cara klik dan Tarik template layout dari tab Insert. Anda juga dapat menyisipkan gambar dan teks. Lalu jika ada elemen yang kurang sesuai Anda dapat menghapusnya dengan mudah, cukup letakkan kursor di atasnya lalu klik ikon tempat sampah di sebelah kiri elemen tersebut.

Baca Juga:  Cara Membuat Website untuk Pacar dengan WordPress, Mudah dan Cepat!

Publikasikan Website

Cara membuat website dengan Google Site selanjutnya adalah mempublikasikan website. Jika Anda sudah selesai dengan draft desain dan konten website, klik tombol “Publish”. Dengan begitu Anda akan diminta untuk menentukan domain website tersebut. Pastikan nama yang Anda pilih unik agar tidak terjadi kesalahan. Selanjutnya klik tombol “Publish”.

Sebagai platform pembuatan website yang aman, domain dari Google Site sudah menggunakan protokol HTTPS. Hal ini tentu penting untuk membangun kepercayaan dan membantu upaya SEO Anda.

Hubungkan Domain dengan Google Site

Cara membuat website dengan Google Site yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menghubungkan domain dengan Google Site. Untuk menghubungkan domain dengan Google Site klik tombol “Setting” di baris paling atas halaman editor. Pada menu “Setting” klik “Custom URLs”. Kemudian, Anda dapat menuliskan domain yang sudah dibeli ke kolom yang tersedia. Serta tambahkan www di depan domain Anda. Hal ini untuk menghindari masalah karena penggunaan naked URL atau top level domain.

Setelah itu, akan muncul pesan yang meminta Anda untuk memverifikasi kepemilikan. Klik “Verify your ownership. Lalu log in ke akun Google lagi sebelum masuk ke halaman verifikasi domain, klik “Select your domain register or provider” pada halaman tersebut untuk memilih penyedia domain.

Jika tidak menemukan nama penyedia hosting Anda, pilihlah “Other” di menu drop-down. Selanjutnya Anda akan mendapatkan pesan yang menginstruksikan untuk menambah TXT Record di pengaturan DNS domain Anda.

Bagaimana? Cara membuat website dengan Google Site mudah bukan?

Meskipun platform Google Site bersifat gratis, namun dapat membantu Anda membuat Website yang terlihat cukup profesional. Hal ini karena platform ini mempunyai fitur yang lengkap dan tampilan layout yang cukup sederhana. Gratis bukan berarti tidak bagus, dan mahal pun belum tentu bagus.

About admin

Check Also

cara membuat website blog

11 Cara Membuat Website Blog yang Mencuri Perhatian Pembaca

clarysports – Menjadi blogger, ada beberapa cara membuat website blog yang akan lebih mudah menarik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *