Adsense Youtube Adalah Sumber Pendapatan Utama, Benarkah?

clarysports – Adsense Youtube adalah sumber pendapatan utama bagi para youtuber, banyak orang yang beranggapan seperti itu. Youtube juga banyak digunakan sebagai sebagian dari bisnis, karena bisa menghasilkan pendapatan yang sangat besar. Namun, apakah benar seperti yang diperkirakan tersebut?

Dari pemikiran seperti itu, banyak orang yang ingin menjadi youtuber. Padahal perjalanan seorang youtuber tidak semudah dengan apa yang telah dibayangkan. Apalagi orang yang tidak terlalu terkenal atau berpengaruh di masyarakat. Jadi, orang tersebut harus memulai semuanya benar-benar dari nol.

Adsense Youtube

Adsense Youtube

Google Adsense Youtube adalah program advertising CPC (cost-per-click) yang memungkinkan para youtuber mendapatkan uang dari konten online. Namun, Adsense Youtube bukanlah sumber pendapatan utama bagi youtuber, karena iklan di Youtube hanya bernilai kecil.

Adsense Youtube bisa didapatkan jika Youtuber mempunyai minimal 1000 subscriber (pelanggan) dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Untuk itu, Adsense Youtube adalah termasuk hal yang tidak mudah untuk pemula, karena ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Adsense.

Ketika akun Youtube sudah tertaut dengan Adsense, maka setiap video yang ditonton minimal selama 30 detik akan dihitung. Kemudian, dikonversikan ke Adsense. Namun, tidaklah mudah membuat banyak orang menonton video yang telah dibuat.

Youtuber harus gencar mempromosikan konten-konten yang ada di akun Youtubenya. Dari sekian banyak promosi, tidak jarang juga yang mau melihat video tersebut hanyalah segelintir orang saja. Mendapatkan Adsense bukan hanya sulit, tetapi penghasilan yang didapat nilainya terbilang kecil.

Akun Adsense Youtube

Akun Adsense Youtube adalah channel Youtube yang sudah ditautkan ke Adsense. Dengan menautkannnya ke Adsense, maka akun dari iklan yang sudah tertaut bisa menjalankan iklan. Hal itu bisa dijalankan berdasarkan interaksi dari video yang ada dalam channel Youtube.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Youtube Channel Ke Adsense Dengan Mudah

Google Ads yang sudah tertaut dapat mengakses metrik penayangan dari iklan dalam video. Selain itu, juga akan menampilkan iklan kepada orang yang berkunjung dan berinteraksi. Lalu, bisa memperoleh insight tentang aktivitas pengunjung channel setelah melihat iklan.

Ada beberapa langkah untuk menautkan atau menyambungkan channel Youtube ke Adsense. Namun, youtuber juga bisa membatalkan tautan channel yang yang telah disambungkan ke Google Ads. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan jika ingin menautkan channel Youtube ke Adsense.

  • Masuk ke akun Google Ads.
  • Klik pengaturan di akun Google Ads pada bagian sudut kanan atas.
  • Pada bagian “Penyiapan” klik “Detail.”
  • Klik tombol (+).
  • Pada dialog “Tautkan channel Youtube,” carilah channel atau masukkan URL.
  • Pilih tombol “Saya memiliki channel ini” dan klik “Buka Youtube.”

Selain itu, youtuber juga harus meminta monetisasi kepada pihak google. Untuk mendapatkan persetujuan monetisasi dibutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar monetisasi bisa segera mendapatkan persetujuan.

  • Bersihkan semua komentar atau spam yang ada di channel Youtube.
  • Klik ikon $ (monetisasi) dan klik tombol “Daftar sekarang.” Setelah itu, akan muncul langkah-langkah untuk mendapatkan monetisasi.
  • Klik mulai pada langkah 1 dan centang 2 kolom paling bawah dan klik “Setujui persyaratan.”
  • Langkah 2 akan diarahkan untuk mendaftar Google Adsense. Pastikan nama dan alamat sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Setelah selesai, langkah 3 untuk monetisasi Adsense Youtube adalah proses peninjauan yang berlangsung kurang lebih 1 hari.

Jika akun Youtube belum juga di approve oleh Youtube dalam waktu lama, maka bisa mencoba cara tersebut pada pukul 22.00 – 00.00 WIB.

Jumlah Penghasilan dari Youtube

Penghasilan dari Adsense Youtube adalah 1 USD per 1000 views. Namun, angka tersebut hanya berlaku untuk pasar Amerika saja dan tentu saja semuanya juga bergantung kepada jumlah klik iklannya. Indikator untuk menghitung penghasilan dari Youtube, biasanya menggunakan RPM (Revenue per Impression).

Baca Juga:  Ikuti Cara Membuat Akun Adsense Dan Raih Kesuksesan Maupun Cuan!

Konten video Youtube memegang peranan penting untuk menentukan harga per klik. Pada umumnya, topik yang mendapatkan bayaran klik cukup mahal ialah topik yang berpotensi iklannya banyak, seperti tentang smartphone atau lainnya. Untuk itu, youtuber harus memperhatikan juga topik yang dikelolanya.

Indonesia memiliki RPM yang rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Apalagi negara Amerika yang pembayarannya bisa mencapai 1-7 USD per 1000 views. Untuk memperkirakan jumlah penghasilan youtuber di Indonesia, bisa mendapatkan sekitar 7.000 rupiah per 1000 tayangan iklan.

Jumlah views bukan sebagai penentu dari kalkulasi penghasilan yang bisa didapatkan oleh youtuber. Akan tetapi, tergantung dari jumlah dari tayangan iklan dalam 1000 views tersebut. Oleh karena itu, pendapatan dari Adsense Youtube adalah sedikit.

Jika dalam satu video mendapatkan 100.000 views dengan jumlah tayangan iklan 50.000. Maka perhitungan dengan RPM 7000 rupiah per 1000 ialah dihitung dari jumlah tayangan iklannya, bukan pada jumlah views. Berarti yang didapatkan sejumlah 350.000 rupiah.

Jumlah di atas belum dari penghasilan bersih yang diterima oleh youtuber, tetapi masih ada bagi hasil. Sistem bagi hasil yang diterapkan Youtube ialah 45% untuk Youtube dan 55% untuk youtuber. Dengan begitu, pendapatan bersih yang didapatkan dari Adsense Youtube adalah sejumlah 192.500 rupiah.

Dengan perhitungan tersebut, bisa disimpulkan memang tidak mudah mendapatkan penghasilan dari Youtube. Adsense Youtube adalah bukan hal yang tepat, jika dikatakan bisa menjadi sumber utama dari penghasilan Youtuber. Jadi, jangan terlalu dijadikan patokan utama.

Seorang Youtuber ternama yaitu James Beattie mengatakan mayoritas pendapatannya berasal dari endorse, affiliate marketing atau brand deals. Untuk brand deals biasanya bisa mendapatkan jumlah subscriber dan views yang tinggi. Brand deals merupakan program di luar sistem periklanan google.

Baca Juga:  Begini 6 Cara Daftar Google Adsense On Youtube Yang Mudah

Siklus pembayaran Adsense Youtube adalah bulanan. Youtuber mengumpulkan estimasi penghasilan selama sebulan, kemudian di bulan berikutnya, penghasilan akhir akan ditetapkan dan diposting ke saldo di halaman pembayaran. Pembayaran akan diterima dalam 7 hari kerja setelah pembayaran dikeluarkan.

PIN Adsense Youtube

PIN Adsense Youtube adalah bertujuan untuk memverifikasi alamat tempat tinggal. Google Adsense akan mengirimkan PIN setelah uang di Google Adsense terkumpul dan mencapai $100. Untuk dapat mencairkan penghasilan channel Youtube, maka harus memesan sebuah PIN kepada Google Adsense.

PIN tersebut akan dikirim melalui surat yang dikirim ke pos sesuai dengan alamat pada pendaftaran Google Adsense atau KTP. Biasanya pengiriman PIN dari Adsense Youtube adalah bisa mencapai 2 bulan. Cek berkala di pos setelah mendapatkan pemberitahuan email, bisa jadi surat Adsense sudah berada di pos.

Jika dalam waktu yang lama belum mendapatkan pemberitahuan email tersebut, maka youtuber bisa merequest kembali atau menanyakannya pada google Adsense.

Adsense Youtube adalah program tambahan untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari youtube. Oleh karena itu, meskipun ada 2 youtuber yang memiliki viewers banyak, tetapi penghasilan yang didapatkan tidak akan sama.

About admin

Check Also

cara membuat website jualan gratis

Cara Membuat Website Jualan Gratis Dengan Mudah dan Cepat

clarysports –  Zaman sekarang dengan perkembangan teknologi digital Anda dapat dengan mudah mengakses fasilitas internet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *